Awas! Ini Tanda Kampas Kopling Mobil Telah Habis

0
848
Service Mobil Medan
Service Mobil Medan

 

Sebagai pengguna mobil sebagai alat untuk mempermudah aktivitas kita sehari-harinya, sudah sewajibnya kita memperhatikan beberapa tanda-tanda ataupun gejala yang telah di perlihatkan mobil kita baik dari segi perfoma mobil ataupun munculnya suara-suara aneh yang tidak pernah didengar ketika mobil dalam keadaan yang prima. Ketika memiliki mobil tentu saja banyak komponen-komponen yang membutuhkan perhatikan serta perawatan khusus agar tidak cepat rusak dan selalu dalam keadaan yang prima contohnya seperti kampas kopling pada mobil bertransmisi manual. Kampas kopling sendiri lebih dikenal sebagai clutch disc, dikarenakan bagian mobil ini berbentuk seperti piringan namun memiliki fungsi yang sangat berguna sebagai pemindah daya pada mesin mobil kita ketika kita berpindah gigi nantinya. Alat ini tentu saja sangat membantu kinerja mesin dalam menyalurkan tenaga mesin ke mobil kita sehingga komponen yang satu ini juga merupakan komponen yang menjadi salah satu pilar penentu apakah mobil kita dapat berjalan dengan normal ataupun tidak. Berikut ini beberapa tanda-tanda bahwa kopling mobil anda telah mengalami keausan ataupun telah habis.

Munculnya suara seperti decitan ataupun raungan

Nah ketika kita menginjal pedal gas pada mobil namun hasil yang dikeluarkan mobil tidak melaju dengan cepat dan mengeluarkan suara decitan ataupun raungan maka dapat dipastikan bahwa kain kopling kita telah habis dan akselerasi pada mobil kita tentu juga menjadi melemah.

Mengeluarkan bau gosong

Berikutnya apabila kita menemukan bau gosong yang berasal dari mobil kita maka ini juga merupakan tanda bahwa kopling mobil kita telah habis, dikarenakan habisnya kain koling dan menyebabkan besi yang saling bergesekan maka akan menimbulkan bau gosong serta suara decitan yang sangat kuat. Bau gosong ini biasanya disebabkan karena gesekan clutch disc yang sangat sering serta bau ini juga akan mudah tercium oleh para pengendara mobil lainnya.

Pemindahan gigi akan susah dilakukan

Ketika kopling mobil telah habis maka pada saat pemindahan gigi pada mobil kita akan terasa sangat keras, kaku sehingga menyulitkan kita untuk dapat memindahkan gigi pada mobil kita pada saat berkendara. Kerasnya pemindahan gigi ini juga akan dapat kita rasakan dengan mudah meskipun mobil berada dalam keadaan yang netral.

Segera membawa mobil ke Service Mobil

Segala gejala-gejala ataupun tanda-tanda tidak biasa yang diperlihatkan oleh mobil tidak boleh kita anggap remeh karena selain menjamin keselamatan kita pada saat mengemudi mobil juga kita dapat mendeteksi komponen yang rusak sebelum komponen tersebut ikut menyeret komponen lainnya menjadi rusak juga. Segera membawa mobil kita ke Service Mobil Medan seperti Service Mobil Medan yang ditawarkan oleh bengkel Iskandar muda otomotif Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here