Jangan Merusak Mobil Matik Anda Dengan Hal Berikut

0
856

Seiring perkembangan zaman, mobil matik telah banyak digunakan dan menjadi salah satu mobil terbanyak digunakan untuk saat ini terutama dikota-kota besar seperti di kota Medan. Hal ini sangat wajr mengingat mobil matik sangat mudah untuk dikendarai serta kita tidak perlu lagi ribet dalam hal mengganti gigi dan menggunakan kopling ketika berhadapan dengan jalanan menurun ataupun jalanan menanjak. Serta mobil matik dapat kita kendarai lebih lama dibandingkan dengan mobil manual yang harus kita gonta-ganti giginya. Namun perlu kita ketahui bahwa kita juga wajib memiliki pengetahuan hal apa saja yang boleh serta yang tidak boleh untuk kita lakukan dalam merawat mobil matik.

Perpindahan gigi terburu-buru

Sama halnya dengan mobil bertransmisi manual, mobil matik juga tidak boleh tergesa-gesa ketika sedang melakukan perpindahan gigi misalkan saja ketika sedang berkendara di tuas D kita langsung mengganti ke tuas R tanpa menghentikan mobil terlebih dahulu bahkan mobil masih dalam keadaan berjalan. Kebiasaan buruk inilah dapat merusak system transmisi pada mobil matik nantinya.

Baca Juga : Lakukan Hal Ini Agar Wiper Mobil Awet

Tidak menggunakan gigi dengan fungsinya

Kita wajib memahami fungsi-fungsi gigi pada mobil matik yang biasanya akan diabaikan oleh beberapa pengendara mobil sehingga membuat mobil matik bekerja 2x lebih berat dibandingkan fungsi normalnya beberapa penjelasan tentang transmisi mobil matik adalah :

  • D berarti drive yang artinya kita dapat menggunakan untuk mengemudi secara normal.
  • P berarti Parking dapat kita gunakan ketika sedang memberhentikan dan memarkir mobil.
  • N berarti netral dimana kita dapat menggunakan ketika sedang menunggu lampu merah dan sebagainya.
  • R berarti Rear digunakan untuk kita memundurkan mobil.
  • L berarti Low dapat kita gunakan ketika sedang membutuhkan tenaga mesin yang lebih kuat seperti sedang berkendara ditanjakan ataupun turunan ketika kita membutuhkan engine brake.

Tidak mengganti oli dan perawatan

Salah satu hal yang juga ikut merusak mobil adalah kita tidak mengganti oli serta perawatan pada mobil kita dimana hal ini tentu saja akan mempercepat kerusakan komponen mobil. Perawatan ini perlu kita lakukan dengan menggunakan jasa service mobil yang disediakan oleh para pebengkel seperti Bengkel Mobil Medan Iskandar muda otomotif yang menyediakan jasa Service Mobil Medan untuk kebutuhan masyarakat dikota Medan. Dengan melakukan Service Mobil maka kita juga ikut mencegah kerusakan komponen serta merawat mobil dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here